Abstrak Skripsi (Konstruksi Makna Budaya Merantau di Kalangan Mahasiswa Perantau)

Sedikit berbagi hasil penelitian Saya di kampus, tentang konstruksi makna budaya merantau suku minangkabau di kalangan mahasiswa minangkabau yang merantau untuk belajar di Universitas Padjadjaran, Bandung.


ABSTRAK

Suci Marta (210110080200), 2012. Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran dengan Dr. Elvinaro Ardianto, M. Si sebagai pembimbing utama dan Evi Novianti, S. Sos., M. Si sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini berjudul “Konstruksi Makna Budaya Merantau di Kalangan Mahasiswa Perantau”.
Subjek Penelitian ini adalah mahasiswa perantau asal daerah Minangkabau yang tergabung dalam Unit Pencinta Budaya Minangkabau yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemaknaan mahasiswa perantau tentang budaya merantau, untuk mengetahui motif mahasiswa perantau untuk merantau, dan untuk mengetahui pengalaman mahasiswa perantau selama merantau. Penelitian ini menggunakan jenis studi fenomenologis yang ditulis dalam tradisi kualitatif serta menggunakan teori konstruksi realitas sosial sebagai arahan penelitian.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) pemaknaan mahasiswa perantau tentang budaya merantau Minangkabau adalah suatu kebiasaan yang dilakukan oleh orang Minangkabau secara turun temurun untuk keluar / pergi dari daeral asal ke daerah baru, baik oleh laki-laki maupun perempuan, sebagai bentuk pembuktian kemandirian diri dengan tujuan bekerja, berdagang, menuntut ilmu, dan memperbaiki tali silaturrahmi dengan harapan mendapat kehidupan yang lebih baik, baik di daerah rantau maupun di daerah asal. (2) motif mahasiswa perantau untuk merantau dapat ditipikasi menjadi ‘motif untuk’ dan ‘motif karena’. Motif seseorang dapat menggambarkan bagaimana ia akan berperilaku selama merantau. Motif juga menentukan apa yang akan dicari dan apa yang akan didapat selama merantau. Motif membuat seorang mahasiswa perantau selalu ingat tujuannya untuk merantau. Dengan adanya motif, setiap mahasiswa perantau dapat mencapai tujuan merantaunya dengan jelas. (3) pengalaman merantau mahasiswa perantau juga dapat ditipikasi menjadi pengalaman positif dan pengalaman negatif. Setiap pegalaman (baik positif maupun negatif) yang di dapatkan oleh perantau di daerah rantau, hendaknya dapat membawa dampak positif bagi kehidupan seorang mahasiswa perantau. Saat ini komunikasi mahasiswa perantau Minangkabau dengan masyarakat asli daerah rantau (masyarakat sunda sekitar) masih belum seimbang dengan komunikasi mahasiswa perantau dengan sesama mahasiswa perantau asal Minangkabau. Hal ini harus diubah, karena sesungguhnya prinsip merantau orang Minangkabau adalah dima bumi dipijak, disitu langik dijunjuang
Saran penelitian ini adalah (1) tujuan merantau untuk memperbaiki tali silaturrahmi sangat baik adanya, sehingga dengan diperbaikinya silaturrahmi antara keluarga yang di kampung halaman dengan keluarga yang ada di rantau dapat memacu semangat perantau muda lainnya yang akan mangadu nasib guna membangun nagari. Pemaknaan baru ini dapat memberi gambaran kehidupan perantau Minangkabau masa depan yang memang sebagian besar berorientasi untuk membangun nagari (2) apapun motif seorang mahasiswa perantau untuk merantau, yang paling penting adalah bagaimana ia bisa menjadikan motif tersebut sebagai acuan untuk mencapai target kehidupan yang hendak dicapai. (3) Pengalaman positif yang terdapat pada penelitian ini hendaknya menjadi  pengalaman minimal yang harus didapatkan oleh setiap mahasiswa yang pergi merantau. Namun akan lebih baik lagi bila pengalaman negatif tetap terus dilawan dan dicoba untuk melihat hal negatif tersebut dari segi positif agar pengalaman negatif tidak serta merta membuat mahasiswa perantau kehilangan semangat untuk mencapai cita-cita. Mahasiswa perantau Minangkabau harus meningkatkan komunikasi dengan masyarakat sekitar (masyarakat sunda). Komunikasi yang baik harus diseimbangkan antara mahasiswa perantau dengan masyarakat sekitar (masyarakat sunda) dan antara mahasiswa perantau dengan sesama mahasiswa perantau sedaerah asal.

Tidak ada komentar: